Register Now!

    Universitas Terbuka Lampung menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) untuk mahasiswa baru 2023/2024 Genap perdana di Aula Universitas Terbuka Lampung secara tatap muka. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2024 dimulai tepat pukul 08.30 WIB.

    Orientasi Studi Mahasiswa Baru ini diikuti secara luring dengan total 248 mahasiswa baru UT Lampung yang sudah membayar admisi serta menyelesaikan tahapan proses registrasi. OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri. Tujuan diadakannya kegiatan OSMB bagi mahasiswa UT supaya mahasiswa dapat mengenal dan memahami lingkungan akademis UT.

    Kemudian mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di UT. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne UT, dan Mars UT. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan Direkutur Universitas Terbuka Lampung. Dra, Sri Ismulyaty, M.Si.

    “Kegiatan Osmb Pada Hari Ini, Merupakan Suatu Rangkaian Kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ). Tidaklah Lengkap Jika Tidak Mengikuti Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), Workshop Tugas (WT) Dan Klinik Ujian (KU)” ucap Direktur Universitas Terbuka Lampung, Dra. Sri Ismulyaty, M.Si.

    Acara berikutnya yaitu penyematan Almamater dari Direktur UT Lampung kepada perwakilan 2 mahasiswa UT Lampung sebagai simbolis menjadi mahasiswa baru di Universitas Terbuka. Kemudian, kegiatan diteruskan dengan pemaparan materi sistem pembelajaran UT yang disampaikan langsung oleh para pemateri hingga selesai.

    Kegiatan OSMB ini akan membekali Mahasiswa Baru dengan pemahaman yang utuh dan tepat tentang hakikat Perguruan Tinggi Terbuka Dan Jarak Jauh (PTJJ) dan posisinya dalam sistem pendidikan nasional, kelembagaan dan keorganisasian UT. Juga pada OSMB akan diberikan pengenalan mengenai proses belajar di Perguruan Tinggi, sistem pembelajaran di UT meliputi registrasi hingga sertifikasi, sistem penjaminan mutu, serta beragam layanan dan fasilitas pendukung belajar lainnya.

    PKBJJ (Pelatihan Ketrampilan Belajar Jarak Jauh) merupakan bekal kepada para mahasiswa baru agar lebih siap dalam mengikuti perkuliahan di UT. PKBJJ bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar efektif dalam sistem PJJ di UT agar memiliki kesiapan, kepercayaan diri, dan kemandirian dalam menyelesaikan studinya dengan efektif dan hasil yang baik. Mahasiswa akan diberikan pembekalan mengenai layanan keterampilan membaca modul secara efektif, keterampilan merekam hasil baca, kiat sukses mengikuti Tutorial dan UAS, keterampilan mengakses layanan online, serta masih banyak materi lain yang sangat membantu mahasiswa agar lebih siap selama belajar di UT.