Register Now!

    Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)

    Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) merupakan kegiatan pengenalan proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di Universitas Terbuka yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB ditekankan pada seluruh layanan yang diberikan oleh UT kepada mahasiswa agar dapat melakukan proses belajar secara mandiri.

    Kegiatan OSMB merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan LPKBJJ (Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh) yang meliputi OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru), PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh), WT (Workshop Tugas) dan KU (Kinik Ujian). Kegiatan OSMB wajib diikuti oleh mahasiswa baru sesuai pembagian batch dan jadwal yang sudah ditetapkan .Mahasiswa tidak diperkenankan untuk mengganti maupun pindah jadwal OSMB yang sudah ditentukan.

    Mahasiswa yang diundang dalam Batch 1 ini adalah mahasiswa yang telah mendapatkan Pesan Broadcast Melalui Whatsapp. Bagi mahasiswa yang belum terdaftar dalam TAHAP 1 akan diundang pada TAHAP berikutnya. Mahasiswa WAJIB mengikuti rangkaian acara hingga akhir untuk memperoleh sertifikat.

    Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ)

    PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) merupakan bekal kepada para mahasiswa baru agar lebih siap dalam mengikuti perkuliahan di UT. PKBJJ bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar efektif dalam sistem PJJ di UT agar memiliki kesiapan, kepercayaan diri, dan kemandirian dalam menyelesaikan studinya dengan efektif dan hasil yang baik. Mahasiswa akan diberikan pembekalan mengenai layanan keterampilan membaca modul secara efektif, keterampilan merekam hasil baca, kiat sukses mengikuti Tutorial dan UAS, keterampilan mengakses layanan online, serta masih banyak materi lain yang sangat membantu mahasiswa agar lebih siap selama belajar di UT.

    Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) merupakan kegiatan lanjutan setelah OSMB yang wajib untuk diikuti oleh mahasiswa baru, sesuai pembagian jadwal dan batch yang sudah ditentukan. Mahasiswa yang terdaftar dalam PKBJJ Tahap 1 adalah mahasiswa yang telah diundang dalam OSMB Tahap 1. Mahasiswa tidak diperkenankan untuk mengganti maupun pindah jadwal PKBJJ yang sudah ditentukan. Apabila nama mahasiswa belum terdaftar sebagai peserta tahap ini, harap menunggu informasi PKBJJ di tahap selanjutnya.

    Pelaksanaan OSMB dan PKBJJ masa 2023/2024 Genap Tahap 1

    OSMB :

    Hari/Tanggal: Sabtu, 24 Februari 2024

    Tempat: Kantor Universitas Terbuka Bandar Lampung, Jl. Soekarno Hatta No.108b, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

    Waktu: Jam 08.00 s/d selesai

    PKBJJ :

    Hari/Tanggal: Minggu, 25 Februari 2024

    Tempat: Kantor Universitas Terbuka Bandar Lampung, Jl. Soekarno Hatta No.108b, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

    Waktu: Jam 08.00 s/d selesai

    Kriteria Peserta:

    – Sudah melakukan registrasi mata kuliah dan pembayaran

    – Mendapatkan undangan melalui WhatsApp blast

    Ketentuan OSMB:

    – Mahasiswa wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai

    – Hadir menggunakan pakaian:

    • Kemeja Putih
    • Celana/Rok Hitam Panjang
    • Hijab berwarna Hitam (bagi yang menggunakan)
    • Sepatu bebas
    • Jas Almamater UT (Yang belum punya, bisa membeli di Koperasi UPBJJ UT Lampung pada H-1/ Hari H kegiatan)

    – Usahakan Membawa Air Minum

    – Membawa Alat tulis & Buku Catatan

    – Free makan siang

    Ketentuan PKBJJ:

    – Mahasiswa wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai.

    – Hadir menggunakan pakaian:

    • Kemeja Putih
    • Celana/Rok Hitam Panjang
    • Hijab berwarna Hitam (bagi yang menggunakan)
    • Sepatu bebas
    • Jas Almamater UT

    – Usahakan Membawa Air Minum

    – Membawa Alat tulis & Buku Catatan

    – Free snack dan makan siang

    – Membawa Alat Tulis dan Buku Catatan

    – Membawa Buku Modul UT (bagi yang sudah mendapatkan modul)

    – WAJIB membawa Lembar Kerja yang sudah diprint out, File lembar kerja tersebut dapat didownload pada laman: https://sl.ut.ac.id/lembarkerja24

    Daftar Peserta OSMB & PKBJJ Masa 2023/2024 Genap Tahap 1 :