Register Now!

    REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL)/Alih Kredit

    Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal (Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor: 26 Tahun 2016).

    RPL bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam sistem pendidikan formal atau disetarakan dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pada pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja pada bidang yang sangat khusus atau langka dan dibutuhkan oleh negara seperti dosen, instruktur, guru, tenaga kesehatan dan profesi tertentu lainnya yang sangat spesifik.

    Sistem Alih kredit merupakan RPL yang selama ini diberlakukan oleh UT. Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi. 

    Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Umum merupakan pendaftaran mahasiswa baru dengan proses konversi nilai baik untuk calon pendaftar lanjut studi dengan pendidikan terakhir Diploma/Sarjana, atau mahasiswa UT yang ingin pindah program studi, atau calon mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan Diploma/Sarjana di Perguruan Tinggi sebelumnya ingin pindah ke Universitas Terbuka.

     

    Lama Perkuliahan

    Calon mahasiswa yang mengajukan RPL dapat mulai perkuliahan dengan melakukan registrasi mata kuliah yang tidak diajukan/belum lulus RPL walaupun mata kuliah tersebut berada antar semester sesuai kurikulum program studi dengan batasan kuota SKS registrasi sesuai kebijakan yang berlaku.

    Lama perkuliahan ditentukan berdasarkan mata kuliah yang disetujui proses RPL, semakin banyak mata kuliah disetujui RPL maka semakin sedikit juga mata kuliah belum lulus yang akan diregistrasi.

    Nilai Mata kuliah yang diakui minimum bernilai B.

     

    Pilihan Biaya Pendidikan

    Jenis layanan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang mengajukan RPL dapat memilih Non SIPAS. Hal ini dikarenakan bisa saja mata kuliah yang akan diajukan RPL berada antar semester dalam satu kurikulum program studi.

    Informasi lengkap tentang Non SIPAS dapat diakses di link berikut :

    Biaya Pendidikan Mahasiswa Baru Diploma dan Sarjana

     

    Daftar Prodi RPL Umum

    Saat ini belum semua program studi yang belum tersedia layanan RPL seperti S1 Parawisata.

    Informasi program studi yang telah memenuhi persyaratan dan layak menyelengggarakan RPL dapat dilihat pada SIERRA KEMDIKBUD-RISTEK melalui laman sierra.kemdikbud.go.id .

    Berikut jadwal pendaftaran dan berkas yang harus disiapkan :

    KegiatanBatas Waktu
    Pendaftaran Mahasiswa Baru (Reguler)6 Mei – 26 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB
    Pendaftaran Mahasiswa Baru (RPL/Alih Kredit/Mahasiswa pindahan)6 Mei – 25 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB
    Unggah Berkas Mahasiswa Baru (Reguler)6 Mei – 29 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB
    Unggah Berkas Mahasiswa Baru (RPL/Alih Kredit/Mahasiswa pindahan)6 Mei – 29 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB

    Berkas Persyaratan

    Nama Berkas PendaftaranKeterangan
    Formulir Pas Foto dan Tanda TanganUnduh Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan
    Surat Pernyataan Keabsahan DokumenUnduh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen
    Pas Foto 3×4Disarankan Pas Foto Terbaru
    Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Keluarga (KK) AsliData Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir di KTP sama dengan yang tertera di Ijazah Terakhir.

    Jika data berbeda harap melakukan menyesuaian data di KTP sesuai data di Ijazah Terakhir
    Ijazah Asli SMA Sederajat

    Fotocopy Legalisir Ijasah Terakhir cap basahLegalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh Perguruan Tinggi asal. Untuk Perguruan Tinggi asal yang sudah tutup, legalisasi ijazah dapat dilakukan di LLDikti (L2Dikti) setempat.
    Fotocopy Legalisir Transkrip Nilai TerakhirLegalisasi Transkrip Nilai Diploma atau Transkrip Nilai Sarjana oleh Perguruan Tinggi asal. Untuk Perguruan Tinggi asal yang sudah tutup, legalisasi ijazah dapat dilakukan di LLDikti (L2Dikti) setempat.

    Berkas Pendukung Persyaratan

    Nama Berkas PendaftaranKeterangan
    Screenshot PDDIKTI Mahasiswa/Alumni atau Surat Keterangan Alumni dari Perguruan Tinggi AsalScreenshot PDDIKTI Data Mahasiswa/Alumni dari Universitas Asal dapat diakses di pddikti.kemdikbud.go.id

    Jika data Data Mahasiswa / Alumni dari Universitas Asal di PDDIKTI tidak ditemukan maka silahkan melampirkan surat keterangan alumni dari perguruan tinggi asal.
    Surat Penyelenggaraan / Akreditasi Program Studi AsalDilampirkan Surat Penyelenggaraan atau Akreditasi Perguruan Tinggi / Program Studi Asal.

    Berkas Persyaratan Tambahan Khusus Program Studi Keguruan

    Bagi calon mahasiswa lulusan SMA sederajat yang mendaftar program studi umum (bukan keguruan), maka tidak perlu melengkapi persyaratan berkas khusus.

    Calon mahasiswa lulusan SMA sederajat program studi keguruan agar melengkapi berkas pendaftaran khusus sebagai berikut :

    Nama Berkas PendaftaranKeterangan
    Fotocopy SK Pengangkatan GuruMinimal 1 Tahun Sebelum Mendaftar Mahasiswa Baru
    Surat Keterangan MengajarAda Keterangan Terhitung Mulai Tanggal – TMT
    Sertifikat Diklat/PelatihanJika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan belum mengikuti diklat.

    Unduh file belum mengikuti diklat
    Bukti Prestasi
    Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak memiliki bukti prestasi.

    Unduh file Tidak Memiliki Bukti Prestasi
    DapodikJika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak terdata di dapodik.

    Unduh File Belum Terdata Di Dapodik

    Khusus calon mahasiswa yang memilih prodi Pendidikan Agama Islam dan bukan lulusan Madrasah Aliyah (MA) / Satuan Pendidikan Muadalah setara MA wajib melengkapi berkas tambahan berikut :

    Nama Berkas PendaftaranKeterangan
    Surat Keterangan Kemampuan Membaca Al-Qur’anSurat keterangan tersebut diterbitkan oleh instansi yang berkompeten dalam melakukan tes baca Al-Qur’an