Register Now!

    Menindaklanjuti surat Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Terbuka Nomor: B/ 1067 /UN31.SPS/TM.00.05/2024 tanggal 06 Agustus 2024 perihal Informasi Admisi Program Pascasarjana Semester 2024/2025 Genap, dan dalam rangka rekrutmen mahasiswa baru Program Magister dan Program Doktor untuk Semester Genap Tahun Akademik 2024 /2025, kami sampaikan informasi sebagai berikut.

    1. Jadwal Pelaksanaan Admisi dan Tes Masuk Program Pascasarjana Semester 2024/ 2025 Genap (2025.1)
      NOKEGIATANPROGRAM MAGISTERPROGRAM DOKTOR
      1Pendaftaran21 Agustus - 23 Oktober 202421 Agustus - 23 Oktober 2024
      2Pembayaran Admisi23 Agustus - 28 Oktober 202423 Agustus - 28 Oktober 2024
      3Tes Masuk23 - 24 November 202423 - 24 November 2024
      4Tes Wawancara-7 - 8 Desember 2024
      5Pengumuman Hasil Tes3 Januari 20253 Januari 2025
      6Unggah Berkas Persyaratan8 Januari - 3 Februari 20258 Januari - 3 Februari 2025
      7Registrasi Mata Kuliah13 Januari - 17 Februari 202513 Januari - 17 Februari 2025
      8Pembayaran Uang Kuliah15 Januari - 19 Februari 202515 Januari - 19 Februari 2025
    2. Proses admisi untuk semester 2024/2025 Genap menggunakan aplikasi yang dapat diakses calon mahasiswa melalui alamat https://admisi­-sia.ut.ac.id/
    3. Program Studi yang ditawarkan dan berkas pendaftaran yang harus disiapkan peserta tes dapat dilihat pada lampiran
    4. Kegiatan verifikasi dan validasi berkas pendaftaran calon mahasiswa baru (Camaba) untuk program magister dan doktor terdiri atas 3 (tiga) tahap berikut :
      • Tahap I merupakan proses verifikasi dan validasi (verval) persyaratan administrasi, yang dilakukan oleh Subdirektorat Administrasi Kemahasiswaan pada Direktorat Administrasi Akademik dan Kelulusan (DAAK). Data Camaba yang dinyatakan lolos seleksi Tahap I akan secara otomatis diteruskan ke Tahap II
      • Tahap II merupakan proses verval CV dan Rancangan Penelitian Camaba yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi pada Tahap I, yang dilakukan oleh Program Studi. Camaba yang dinyatakan lulus seleksi Tahap II dan telah melunasi biaya admisi sesuai jadwal akan menjadi Peserta Tes Masuk
      • Tahap III merupakan proses verval yang dilakukan oleh DAAK untuk Camaba yang telah dinyatakan lulus tes masuk
        • bagi Camaba Magister, setelah melakukan unggah berkas Tahap III dan berkas divalidasi oleh DAAK maka akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) untuk digunakan dalam melakukan registrasi pertama
        • bagi Camaba Doktor, proses verval Tahap III dilakukan setelah Camaba dinyatakan lulus matrikulasi penguatan dasar akademik dan melakukan unggah Tahap III
    5. Tes masuk diselenggarakan secara online di Kantor UT Daerah atau di tempat ujian online yang telah ditetapkan
    6. Materi Tes Masuk mencakup:
      • Tes Substansi sesuai dengan program studi masing-masing,
      • Tes Bahasa Inggris, jika belum memiliki nilai ITP TOEFL sesuai persyaratan atau yang setara, dan,
      • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA), jika belum memiliki nilai TPA/TPDA sesuai persyaratan

    Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terimakasih.

    Lampiran

    1. Program Studi yang ditawarkan mencakup:
      – Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik (MAP)
      – Magister Manajemen (MM)
      – Magister Manajeman Perikanan (MMP)
      – Magister Pendidikan Matematika (MPMt)
      – Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
      – Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI)
      – Magister Studi Lingkungan (MSL)
      – Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD)
      – Magister Hukum (MH)
      – Doktor Administrasi Publik (DAP)
      – Doktor Ilmu Manajemen (DIM)
    2. Substansi Bidang Ilmu yang diujikan pada tes masuk:
      NoProgramSubtansi Bidang Ilmu yang Diujikan
      1Magister Manajemen (MM): Bidang Minat Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia1. Pengantar Manajemen
      2. Pengantar Bisnis (Manajemen Keuangan Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Operasi)
      3. Manajemen Strategik
      2Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP)1. Teori Administrasi
      2. Kebijakan Publik
      3Magister Pendidikan Bahasa lnggris (MPBI)1. Metode pengajaran bahasa lnggris
      2. Kurikulum dan pengembangan materi pendidikan bahasa lnggris
      3. EFL (English as a Foreign Language)
      4Magister Pendidikan Matematika (MPMt)1. Matematika Dasar
      2. Statistika Dasar
      3. Pembelajaran Matematika
      5Magister Pendidikan Dasar (MPDr)1. Sistem Pendidikan Nasional: tujuan dan penyelenggaraan pendidikan dasar SD/MI dan SMP/MTs.
      2. Pendidikan Dasar (basic education): Perkembangan Peserta Didik, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, serta Bimbingan dan Konseling.
      3. Perspektif Pendidikan: Landasan, Perkembangan, dan Karakteristik Belajar serta Berbagai Bentuk Layanan Pendidikan Dasar
      4. Peningkatan Mutu Pembelajaran: Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi Program Pembelajaran; Desain Penelitian Pendidikan; Pembinaan Guru; dan Manajemen Berbasis Sekolah
      6Magister Manajemen Perikanan (MMP)1. Ekologi
      2. Statistika
      7Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD)1. Sistem Pendidikan Nasional
      2. Psikologi Perkembangan Anak
      3. Pembelajaran Anak Usia Dini
      4. Peningkatan Mutu Pembelajaran
      8Magister Hukum (MH)1. Pengantar Ilmu Hukum (PTHI/PHI)
      2. Sistem Hukum Indonesia (SHI)
      9Magister Studi Lingkungan (MSL)1. Sistem Sosial
      2. Pengantar Ilmu Lingkungan
      10Doktor Administrasi Publik (DAP)1. Teori Administrasi
      2. Analisis Kebijakan Publik
      11Doktor Ilmu Manajemen (DIM)1. Manajemen
      2. Manajemen Keuangan
      3. Manajemen Pemasaran
      4. Manajemen Sumber Daya Manusia
    3. Berkas Pendaftaran yang harus diunggah:
      NoBerkasS2S3
      a.Ijazah dan transkrip S 1/ D-lV sesuai yang dipersyaratkan oleh masing-masing-prodi
      - IPK S1 untuk mendaftar program studi magister minimal 2.5, kecuali untuk Program Studi MM IPK S1 minimal 2,75.
      - IPK S2 untuk mendaftar program doktor minimal 3.0
      b.Persyaratan Khusus
      ► MPAD:
      • Sarjana Pendidikan dari semua bidang
      • Sarjana Psikologi
      • Sarjana Bimbingan Konseling
      • Tidak harus guru
      ► MH:
      • Sarjana Hukum (SH)
      • Sarjana Hukum Islam (SHI)
      • Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK)
      -
      c.Sertifikat Akreditasi Program Studi pada tahun lulus ijazah S1 /D-IV atau SK Izin Penyelenggaraan Program Studi (untuk lulusan sebelum tahun 2010)-
      Khusus untuk mendaftar Program Studi MAP, MM, dan MPDr sertifikat akreditasi program studi minimal B/Baik Sekali pada tahun lulus ijazah S1 atau SK Izin Penyelenggaraan Program Studi (untuk lulusan sebelum tahun 2010)-
      Sertifikat Akreditasi Program Studi minimal B/Baik Sekali pada tahun lulus ijazah S2-
      d.Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/ Kemendikbud), khusus bagi lulusan luar negeri
      e.Kartu Tanda Penduduk (KTP) (dengan huruf dan angka yang jelas terbaca serta foto wajah yang terlihat jelas)
      f.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 (file dalam format .jpg bukan .odf dengan ukuran maksimal 512 kb)
      g.Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja
      h.Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis yang belum pernah atau akan dipublikasikan di media apapun-
      Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000) kata untuk disertasi yang belum pernah atau akan dipublikasikan di media apapun-
      i.Surat Keterangan Mengajar (khusus untuk Prodi MPBI. MPMt. dan MPDr)-
      j.SK menjadi guru atau SK menjadi pengelola/pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan atau dari Yayasan (khusus untuk Prodi MPBI, MPMt. dan MPDr)-
      k.Bukti telah mengikuti Tes Bahasa lnggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor minimal setara nilai TOEFL ITP 450, kecuali setara nilai TOEFL ITP 500 untuk Program MPBI (jika ada).
      Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah TOEFL ITP. UT juga mengakui tes iBT- TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa lnggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
      -
      Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor minimal setara nilai TOEFL ITP 500 (jika ada).
      Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah TOEFL ITP. UT juga mengakui tes iBT- TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa lnggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
      -
      l.Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor minimal setara nilai TPA 450 (jika ada).
      Sertifikat TPA/TPDA yang diakui UT adalah TPDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas.
      -
      Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor minimal setara nilai TPA 500 (Jika ada).
      Sertifikat TPA/TPDA yang diakui UT adalah TPDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas.
      -
      m.Surat lzin Mengikuti Program Pascasarjana UT dari atasan langsung (khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah.
      n.Rekomendasi Kelayakan mengikuti Program Doktor dari 2 orang dosen S1/S2 (Dosen Pembimbing) yang dapat berasal dari Perguruan Tinggi, dan/atau Sejawat dan/atau Atasan yang minimal memiliki gelar akademik Doktor.-
      o.Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses Internet (ditandatangani di atas meterai Rp.l0.000.00).
      p.Formulir lsian Pasfoto dan Tanda Tangan.
      q.Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp.10.000,00.

    Catatan:

    1. Berkas nomor a. sd. l. menjadi pertimbangan dalam pemberian UP Admisi.
    2. Bukti untuk nomor k. dan l. harus diunggah sebelum pemberian UP Admisi. Informasi ini akan digunakan dalam penyiapan tes Bahasa lnggris dan TPA yang akan disediakan UT.
    3. Berkas lainnya dapat diunggah setelah pengumuman tes masuk, paling lambat sebelum melakukan Registrasi Mahasiswa Baru/Registrasi Pertama.