Registrasi

UT mengenal 3 (tiga) jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, dan registrasi Tugas Akhir Program (TAP), dan ditambah registrasi ujian online (SUO). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi (DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT, yaitu saat registrasi pertama. Setelah berkas registrasi pertama mahasiswa diserahkan kepada petugas di kantor UPBJJ_UT, mahasiswa berhak mendapatkan print-out (cetakan) isian data pribadi dan bukti registrasi guna memastikan data yang ter-keyin ke dalam sistem komputer sudah benar. Setiap semester waktu registrasi dan pelaksanaan ujian sudah ditentukan, sesuai kalender akademik yang bisa diperoleh di semua kantor UPBJJ-UT.

Apabila mahasiswa melakukan registrasi setelah melewati batas waktu yang ditentukan, maka berkas registrasinya akan diproses untuk masa registrasi berikutnya.

Registrasi harus dilakukan di UPBJJ-UT dan berkasnya dapat diperoleh di kantor UPBJJ-UT atau dapat dilakukan melalui Registrasi Online . Mahasiswa UPBJJ-UT Bandar Lampung dapat melakukan registrasi dan ujian di luar wilayah Lampung (numpang ujian).

Cara melakukan Registrasi Pertama ;

  1. Mengisi berkas registrasi pertama di kantor UPBJJ-UT Bandar Lampung atau Download disini. Bagi mahasiswa penerima beasiswa, berkas registrasi pertama dapat diperoleh di instansi pemberi beasiswa atau Pengurus Kelompok Belajar.
  2. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa dan blangko Kartu Mahasiswa dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian yang terdapat pada halaman belakang formulir.
  3. Mengisi Form Registrasi Mata Kuliah  dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk pengisian yang terdapat pada formulir.
  4. Membayar biaya pendidikan dengan menggunakan Billing Registrasi Mata Kuliah melalui Kantor Cabang BRI, Kantor Cabang BTN, Kantor Cabang Pembantu BTN, Kantor Kas Bank BTN yang sudah online atau dapat dilakukan dengan menggunakan alat EDC dari BANK yang ada di kantor UPBJJ-UT
  5. Menyerahkan/mengirimkan berkas registrasi yang sudah diisi dan divalidasi Bank dan telah dilengkapi persyaratannyake UPBJJ-UT Bandar Lampung paling lambat (cap pos) sesuai tanggal batas akhir penutupan registrasi.

Cara melakukan Registrasi Mata Kuliah ;

  1. Mengisi Formulir Registrasi Mata Kuliah  dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk pengisian yang terdapat pada formulir.
  2. Membayar biaya pendidikan dengan menggunakan LIP / Billing Registrasi Mata Kuliah melalui Kantor Cabang BRI, Kantor Cabang BTN, Kantor Cabang Pembantu BTN, Kantor Kas Bank BTN yang sudah online dengan melampirkan fotocopi kartu mahasiswa.
  3. Menyerahkan/mengirimkan berkas registrasi yang sudah diisi dan divalidasi Bank dan telah dilengkapi persyaratannyake UPBJJ-UT Bandar Lampung paling lambat (cap pos) sesuai tanggal batas akhir penutupan registrasi.
  4. Mahasiswa Non Pendas yang memilih tempat pelaksanaan ujian di luar negeri dapat melakukan registrasi di perwakilan setempat. Tempat pelaksanaan ujian di luar negeri dapat di lihat di lampiran katalog UT.

Cara melakukan Registrasi TAP (Non-Pendas) ;

  1. Membeli berkas registrasi TAP di UPBJJ-UT Bandar Lampung dan mempelajari buku Petunjuk Pendaftaran TAP.
  2. Mahasiswa yang tidak lulus TAP dan mengulang pada semester berikutnya tidak perlu membeli formulir pendaftaran TAP.
  3. Mengisi TBS-UT dan membayar/melengkapi persyaratan sebagai berikut :
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi.
  • Fotokopi SK alih kredit (bila ada).
  • Surat Keterangan Mengajar (khusus FKIP).
  • Menyerahkan berkas pendaftaran TAP ke UPBJJ-UT Bandar Lampung paling lambat pada tanggal batas akhir registrasi.
  • Menerima bukti pendaftaran TAP dari UPBJJ-UT Bandar Lampung.

Cara melakukan Registrasi TAP (Pendas) ;

  1. Mahasiswa program S1 PGSD semester 10 dan S1 PGPAUD semester 9 (yang secara akademik telah memenuhi persyaratan TAP) secara otomatis diikutkan sebagai peserta TAP.
  2. Apabila mahasiswa pada semester tersebut belum memenuhi persyaratan akademik, maka diberi kesempatan hanya satu semester berikutnya secara gratis.
  3. Mahasiswa yang tidak lulus TAP dan yang bersangkutan akan mengulang TAP, atau bagi mahasiswa yang baru pertama kali akan mengikuti TAP setelah dua semester dari yang seharusnya, wajib melakukan pendaftaran TAP.
  4. Mahasiswa yang akan mengulang TAP harus melakukan registrasi cukup dengan menggunakan TBS-UT dan membayar biaya TAP di Kantor Cabang BRI, Kantor Cabang BTN, Kantor Cabang Pembantu BTN, Kantor Kas Bank BTN yang sudah online .

Cara melakukan Registrasi UJIAN ONLINE (SUO) ;

  1. Mahasiswa sudah melakukan registrasi mata kuliah sebelum batas akhir penutupan registrasi. Bila jam ujian mata kuliah SUO sama dengan jam ujian mata kuliah non SUO, maka mahasiswa dapat mengikuti 2 kali ujian untuk mata kuliah tersebut.
  2. Melakukan aktifasi account (mendaftarkan NIM untuk mendapatkan layanan online UT). Ini hanya perlu dilakukan sekali saja, tidak perlu setiap masa registrasi melakukan aktifasi.
  3. Masuk ke dalam account mahasiswa, pilih menu Pendaftaran SUO yang berada di bagian kiri dan ikuti petunjuk yang muncul. Daftar mata kuliah SUO per nim akan muncul setelah 7-10 hari setelah tanggal penutupan registrasi mata kuliah.
  4. Lakukan pembayaran sesuai jumlah mata kuliah yang telah didaftarkan SUO-nya sebesar Rp 40.000/mtk tanpa biaya lainnya (kecuali biaya adm) di bank BRI/BTN menggunakan Tanda Bukti Setor (TBS) dengan ceklist Ujian Online.
  5. Menyerahkan TBS SUO kepada UPBJJ-UT Bandar Lampung 2-3 hari setelah melakukan pembayaran. Selanjutnya ICT akan melakukan konfirmasi pembayaran.
  6. Mahasiswa calon peserta SUO akan mendapatkan print-out password mata kuliah SUO.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

info lebih lanjut hubungi kami di (0721) 704772 / 5610713 (WA) 082266346634