Frequently Asked Questions (FAQ)

Frequently Asking Question (FAQ)
Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul

Proses Admisi dan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Univeristas Terbuka

1. Bagaimana proses pendaftaran mahasiswa UT?

Untuk menjadi mahasiswa UT terlebih dahulu melakukan admisi kemudian melengkapi informasi data pribadi serta mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran. Jika seluruh data dan berkas sudah tervalidasi maka anda dinyatakan sebagai mahasiswa UT.

2. Apa yang harus disiapkan sebelum melakukan proses pendaftaran calon mahasiswa?

Siapkan akun email aktif serta foto scan dokumen-dokumen yang disyaratkan untuk pendaftaran mahasiswa

3. Apa yang di maksud admisi?

Admisi adalah proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa dengan membuat akun pada laman https://sia.ut.ac.id

4. Bagaimana melakukan proses admisi?

  1. Masuk ke laman web laman https://sia.ut.ac.id, dan klik tombol “Pengguna Baru? Klik Disini”.
  2. Selanjutnya lengkapi seluruh kotak isian data pribadi anda dengan benar. Klik “Buat Akun Mahasiswa Baru”.
  3. Proses selanjutnya anda harus melakukan verifikasi email untuk dapat login dan mencetak billing admisi.
  4. Cetak dan lakukan pembayaran billing admisi untuk dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

5. Bagaimana melakukan verifikasi saat proses admisi?

Saat pendaftaran UT mengirimkan email ke alamat email yang telah anda daftarkan untuk proses verifikasi. Buka email verifikasi dari UT dan klik tombol “Verifikasi”.

6. Bagaimana jika email dari UT untuk melakukan verifikasi tidak ada?

Kemugkinan email yang dikirimkan UT dianggap SPAM sehingga masuk ke folder spam. Adapun langkan yang dapat anda lakukan:

  1. Buka folder spam
  2. Lakukan pengaturan untuk menyatakan nyatakan email terkait bukan spam (Setting disesuaikan dengan dengan jenis email anda)
  3. Jika sudah disetting, maka email terkait akan masuk kedalam inbox anda dan tombol “Verifikasi” akan aktif

7. Bagaimana bila saya lupa melakukan verifikasi?

Email verifikasi memiliki waktu kadaluarsa 3×24 jam, anda hanya perlu klik “Aktivasi Ulang” akun di laman utama SIA agar dikirimkan email verifikasi baru

8. Bagaimana memastikan bahwa akun saya telah terverifikasi

Login ke laman SIA menggunakan email dan password yang telah anda daftarkan. Nantinya akan muncul lembar tagihan admisi untuk dibayarkan.

9. Berapa biaya admisi?

Biaya admisi saat dokumen ini dibuat adalah sebesar (Rp 100.000) seratus ribu Rupah

10. Apa yang saya dapatkan setelah terdaftar sebagai calon mahasiswa UT

Setelah anda melakukan pembayaran anda dapat mengunduh katalog serta

11. Setelah melakukan pembayaran admisi apa yang harus saya lakukan

Anda harus melengkapi seluruh isian data pribadi dengan benar. Foto scan berkas persyaratan juga harus diunggah. Jika semua sudah terisi lengkap maka tunggu hasil validasi berkas dari UT.

Pembayaran

1. Bagaimana cara melakukan pembayaran admisi dan atau registrasi matakuliah

  1. Lembar Informasi Pembayaran (LIP) dapat di cetak bila diperlukan. Pada LIP tersebut sudah tertera nomor biling yang menjadi acuan untuk pembayaran
  2. Tagihan dapat dibayarkan melalui bank Mitra UT (BRI/BTN/Mandiri dan BNI) atau merchant yang terlah bekerjasama dengan bank-bank tersebut seperti group waralaba Alfa atau Tokopedia.

Perubahan Data Mahasiswa

1. Apabila ada kesalahan pengisian informasi data pribadi setelah mendapatkan nim bagaimana cara melakukan perubahan?

  1. Login kedalam Aplikasi SIA
  2. Akses submenu “Profile Mahasiswa” pada menu “Profile”
  3. Klik tombol “Edit Informasi Kontak”

info lebih lanjut hubungi kami di (0721) 704772 / 5610713 (WA) 082266346634