Sehubungan dengan perubahan skema admisi dan registrasi program Diploma dan Sarjana, kami sampaikan bahwa mulai semester 2021/22.2 (2022.1) terdapat tiga tahapan pelaksanaan admisi dan registrasi diantaranya adalah 1) Admisi; 2) Registrasi Data Pribadi; dan 3) Registrasi Mata Kuliah. Berikut adalah penjelasannya.
Tahap I: Admisi
- Admisi dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lebih mengenal Universitas Terbuka
- Admisi dapat dilakukan melalui
- Laman https://sia.ut.ac.id/ dengan memilih menu Admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru
- UPBJJ-UT
- Calon mahasiswa mengisi data pribadi dan alamat email aktif yang belum terdaftar di UT. Sistem akan mengirimkan link aktivasi ke email calon mahasiswa untuk melakukan proses verifikasi email yang telah di daftarkan
- Jika sudah berhasil verifikasi, calon mahasiswa dapat mengakses akunnya pada laman https://sia.ut.ac.id/ dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Selain itu, calon mahasiswa dapat langsung mencetak Lembar Informasi Pembayaran Admisi (LIP-A) pada laman tersebut. Bagi calon mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran melalui UPBJJ-UT, LIP-A dapat langsung di cetak di UPBJJ-UT tersebut
- Calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran billing Admisi melalui BRI / BTN / Mandiri / BNI / Alfagroup / Tokopedia/ Indomaret sebesar Rp. 100.000, –
- Setelah billing dinyatakan lunas dari bank, calon mahasiswa dapat mengunduh Katalog dan KIT Universitas Terbuka
- Pembayaran LIP-A yang telah lunas tidak dapat dikembalikan
- Bagi mahasiswa beasiswa tetap harus melakukan proses admisi dan melakukan pembayaran LIP-A
- Batas admisi dan batas bayar admisi dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021- 9 Februari 2022.
Tahap II: Registrasi Data Pribadi
- Registrasi Data Pribadi dilakukan jika calon mahasiswa sudah siap menjadi mahasiswa UT Calon mahasiswa diharapkan sudah membaca katalog dan KIT Universitas Terbuka sebelum melakukan registrasi data pribadi
- Registrasi data pribadi dilakukan melalui laman https://sia.ut.ac.id/ menu Admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru
- Data yang harus diisi calon mahasiswa adalah
- Data diri lengkap calon mahasiswa
- Informasi kontak
- Informasi akademik dan alih kredit
- Informasi tambahan
- Pendataan guru (jika mengambil program studi FKIP)
- Kelompok belajar (untuk jurusan Pendas)
- Pendaftaran difable
- Unggah berkas wajib
- Calon mahasiswa wajib menggungah seluruh hasil scan berkas yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Validasi akan dilakukan BAKP Registrasi dalam waktu maksimal 3×24 jam
- Jika sudah berhasil divalidasi, maka calon mahasiswa mendapatkan email sudah tervalidasi. Selain itu, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan dinyatakan resmi sebagai Mahasiswa UT
- Mahasiswa dapat mencetak Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS) dan Surat Pernyataan. Surat pernyataan akan muncul apabila mahasiswa mengambil skema AKPMM.
- Mahasiswa dapat melihat Dashboard pada laman https://sia.ut.ac.id/ yang menampilkan informasi profil mahasiswa, info billing tagihan, perkembangan akademik dan Agenda kegiatan akademik dapat digunakan untuk membantu mahasiswa selama kuliah di UT.
- Registrasi data pribadi dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021 – 9 Februari 2022.
Tahap III: Registrasi Mata Kuliah
- Registrasi mata kuliah dilakukan melalui https://sia.ut.ac.id/ menu Admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru. Selanjutnya sistem akan menerbitkan tagihan berupa Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R)
- Pembayaran LIP-R melalui BRI/BTN/Mandiri/BNI/Alfagroup/Tokopedia/Indomaret sebelum batas akhir tanggal pembayaran SPP
- Setelah pembayaran dinyatakan lunas, mahasiswa akan mendapatkan email tentang username dan password email ecampus.ut.ac.id
- Selanjutnya mahasiswa mengakses laman https://sia.ut.ac.id/ dengan menggunakan email ecampus.ut.ac.id
- Registrasi mata kuliah dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2021 – 15 Februari 2022.
ref. 98974/UN31.WR.3/PK.04.11/2021
- Tags:
- admisi
- registrasi
Leave a Reply Cancel Reply
Search
Info Terbaru
- Perubahan Grade Minimal Kelulusan
- DAFTAR MATA KULIAH WAJIB TUTON
- FOTO WISUDA DAERAH TANGGAL 1 DAN 2 MARET 2023 DI GRAHA ADORA
- MATA KULIAH PRAKTIK ONLINE
- Pelaksanaan PKL Prodi Sistem Informasi Semester 2022 2023 Genap
- Jadwal Program Tutorial Radio melalui UT-Radio
- Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Pembayaran LIP Admisi, Batas Unggah Berkas Mahasiswa Baru, dan Batas Waktu Registrasi Mata Kuliah serta Pembayaran Uang Kuliah
- Surat Keputusan BAN-PT tentang Akreditasi Program Studi Pendidikan Dasar pada Program Magister Universitas Terbuka
- PESERTA WISUDA TAHAP 2 TANGGAL 02 MARET 2023
- PESERTA WISUDA TAHAP 1 TANGGAL 01 MARET 2023
- PENDAFTARAN WISUDA DAERAH
- UNDANGAN OSMB UNIVERSITAS TERBUKA MASA REGISTRASI 2023.1
- REGISTRASI MK 2023.1
- INFORMASI PPs
- Informasi Ujian Online-Mata Kuliah (UO MK) Susulan
Arsip
Kalender
M | S | S | R | K | J | S |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | ||||||
2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 |
16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 |
23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 |
30 |
1 Comment
saya meminta IDTUTON buat bisa masuk ilerning tuton