Pelatihan Tutor

Kompetensi tutor dalam melaksanakan tugas pokoknya merupakan prasyarat bagi teselenggaranya implementasi program tutorial di lapangan. Berdasarkan pedoman tutorial disebutkan ada 4 kompetensi tutor, yaitu :

  1. Kompetensi Andragogis, yaitu tutor merancang tutorial, melaksanakan tutorial, menilai hasil belajar yang dilaksanakan dalam tutorial, dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran dalam tutorial,
  2. Kompetensi Kepribadian,
  3. Kompetensi Profesional, dan
  4. Kompetensi Sosial.

Dalam rangka memberikan penguatan kompetensi tutor diperlukan pengayaan, antara lain melalui refleksi pengalaman, latihan melakukan suatu kegiatan maupun dengan observasi lapangan terhadap apa yang dilakukan tutor dalam melaksanakan tugas pokoknya. Sebagai upaya memberikan penguatan kompetensi tutor sesuai standar yang ditetapkan sebagaimana tertuang dalam Pedoman Tutorial yang diterbitkan oleh Universitas Terbuka sehingga dipandang perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan tentang kompetensi tutor.

Sasaran pelatihan ini adalah Dosen PTN/PTS, Pegawai Dinas Pendidikan, Guru SLTP/SLTA dan Widyaswara, yang mempunyai akses ke Universitas Terbuka (UT). Pelatihan ini diikuti oleh 200 orang peserta dan dibagi menjadi 5 angkatan. Adapun Narasumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah 3 orang tutor inti dari UPBJJ-UT Bandar Lampung, yaitu :

  1. Agus Pradana Putra, SH, MH
  2. Drs. Suharno, M.Pd
  3. Drs. Lasiman, M.Pd

Kegiatan pelatihan ini dibantu oleh Narasumber dari PAU-UT, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan tutor untuk melakukan fasilitasi pembelajaran secara efektif dan efisien dalam kegiatan tutorial. Akhirnya dengan pelatihan ini diharapkan tutor dapat meningkatkan profesionalisme-nya dalam proses penyelenggaraan, pelaksanaan dan evaluasi tutorial.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Info Terbaru Tentang Perkuliahan UPBJJ Bandar Lampung Langsung Dari Website Ini. Terima Kasih....