Alih Kredit

Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi.

1. Jenis Alih Kredit

Alih kredit di UT dapat dikategorikan sebagai berikut.

a. Alih Kredit dari Perguruan Tinggi Lain ke UT

Alih kredit ini dilakukan berdasarkan permohonan mahasiswa atau alumni yang berasal dari perguruan tinggi di luar UT, baik perguruan tinggi negeri, swasta, maupun kedinasan.     Pengakuan kredit dilakukan hanya terhadap mata kuliah, tidak termasuk nilai ujiannya.

b. Alih Kredit dari UT ke UT

Alih kredit ini dilakukan berdasarkan permohonan mahasiswa yang berasal dari program studi lain di lingkungan UT, baik yang statusnya aktif, non-aktif, maupun yang sudah lulus. Pengakuan kredit mahasiswa dilakukan terhadap mata kuliah dan nilai ujiannya, sepanjang mata kuliah yang dialihkreditkan sama atau setara dengan mata kuliah yang terdapat dalam kurikulum program studi yang dituju. Pengakuan kredit bagi alumni/lulusan UT dilakukan terhadap mata kuliah, tidak termasuk nilai ujiannya.

2. Prosedur Alih Kredit

Permohonan alih kredit dapat dilakukan bila pemohon sudah menjadi mahasiswa UT. Permohonan ditujukan kepada Dekan Fakultas yang bersangkutan melalui Kepala BAAPM. Formulir alih kredit dapat diperoleh di UT Pusat c.q. Subbag. Pelayanan Mahasiswa (Subbag Pelma), atau UPBJJ-UT setempat, atau memfotokopi lampiran yang tercantum di dalam KATALOG UT, dapat di Download disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Info Terbaru Tentang Perkuliahan UPBJJ Bandar Lampung Langsung Dari Website Ini. Terima Kasih....